Au Pair: Harus Mulai Dari Mana?

Terkadang ada beberapa yang mengirimi ku DM dan menanyakan bagaimana cara menjadi au pair? Sebenarnya senang sekali kalau ada yang bersemangat menanyakan tentang program ini. Namun, bingung juga harus menjelaskan dari mana kalau terkadang si penanya sendiri ini masih bingung. Mungkin langkah-langkah di bawah ini bisa membantu kamu untuk bisa mencoba program au pair ini….

Biaya yang diperlukan Au Pair

Salah satu hal yang terkadang ditanyakan oleh teman-teman yang berminat dengan program au pair adalah, “Berapa banyak biaya yang dibutuhkan?” Untuk menjawabnya dengan sederhana sih aku pasti akan bilang, tergantung. Bisa banyak kalau kamu mempercayakan proses visa dan pencarian keluarga asuh kepada agen. Bisa hampir 0 rupiah kalau kamu mencoba melakukan semuanya sendiri. Jadi berapakah…

Dear Au Pair, Hindari Keluarga Asuh yang Seperti ini!

Tanpa ada maksud menggurui, tulisan ini ku buat untuk membantu para teman-teman calon au pair untuk memilih keluarga asuh yang tepat. Harus kita akui, keberhasilan dan kebahagiaan seorang au pair ditentukan oleh keluarga asuh. Kalau beruntung yah, dapat keluarga asuh yang sangat baik. Kemungkinan malah bisa tinggal di apartment yang dipinjami keluarga asuh atau mendapatkan…

Apakah Au Pair sama dengan TKI?

Selama tinggal di negara lain sebagai seorang au pair, nggak sedikit aku menerima pesan di sosial media yang menanyakan tentang kegiatan yang aku lakukan di sini. Banyak yang ingin tau, bagaimana sih caranya tinggal di luar negeri? Beberapa juga ada yang komen seperti, “Aduh gue takut nanti lo disiram air panas!”. Errr ok. Yang paling…

Au Pair Guide: The Interview

Based on my experience, having an interview with your prospective host family is one of the most essential things in order to have a successful experience. Although we may not be able to collect all the details about the family, we can at least have a big picture of how it is like to live…

Kenapa Kamu Harus Mencoba Program Au Pair Selagi Muda

Lahir Kemudian masuk sekolah Lalu melanjutkan kuliah Setelah itu mencari kerja Tidak lupa menikah Memiliki anak Membesarkan anak Begitu lagi seterusnya Karena aku ini orang yang pemikir, ada satu hal yang seringkali kupikirkan… KEHIDUPAN Ha? Memang terdengar klise ya. Tapi kalau sesama orang yang pemikir, ku rasa pasti bisa sedikit mengerti. Rasanya kok, kurang seru…

Step by step to become an Au Pair in Sweden

On my last post, I briefly explained about the steps you need to take to be an au pair in Denmark. Here’s the link: How to be an Au Pair in Denmark? For now, I would like to give a short (probably :P) and simple explanation about how to apply as an au pair in Sweden….

How to be an Au Pair in Denmark?

Recently, I received some messages asking particularly the same question: “How to be an au pair in Denmark?” Denmark is one of the easiest countries to apply as an au pair. We don’t need to prepare complicated documents that need to be signed by the authority in our home country. Additionally, the application is online….

Visa Au Pair Swedia DITOLAK?! Mungking ini ALASANNYA

Membuat visa untuk bepergian ke luar negeri adalah salah satu hal yang bisa menjadi momok bagi kebanyakan rakyat Indonesia. Paspor hijau kita memang tidak memberi keleluasaan untuk masuk ke banyak negara dengan mudah. Bahkan untuk membuat akun bank di Swedia saja, petugas bank sampai bilang “Indonesia is a high risk country“. Nah lho… Buat visa…

Wawancara dengan Host Family – Pertanyaan Penting

Pencarian host family khususnya untuk penduduk diluar EU (European Union/Uni Eropa) memang bukanlah hal yang mudah. Kebanyakan keluarga menginginkan au pair secepatnya dan tidak ingin menunggu proses visa yang bisa memakan waktu berbulan-bulan. Akan tetapi, alangkah baiknya apabila calon au pair tidak serta-merta menjadi tidak sabaran dan tidak benar-benar mengenal calon host family sehingga cepat…

Au Pair itu…..

Dari hasil menulis di blog, ada beberapa yang bertanya pada saya tentang au pair, kebanyakan sangat bersemangat untuk tahu bagaimana cara untuk tinggal di Eropa melalui program ini. Sebenarnya sah-sah saja. Karena memang banyak sisi au pair yang sangat menyenangkan, seperti kesempatan untuk travelling, belajar bahasa baru, dan juga mendapatkan life-changing experience. Akan tetapi, au…

Tantangan Sebagai Au Pair

Jalan-jalan ke negara-negara barat, bertemu teman-teman baru, merasakan pengalaman yang berbeda, semua itu adalah hal-hal indah yang bisa kita dapatkan dengan menjadi au pair. Tapi, apa au pair itu hanya tentang bersenang-senang? Tentu tidak. Banyak cerita yang saya baca dan juga dari pengalaman saya yang tidak selalu hura-hura. Berikut ini tantangan yang mungkin dialami seorang…

Langkah-langkah menjadi Au pair Swedia – Tanpa Agen

Menjadi seorang Au pair mungkin belum populer di Indonesia, tapi sudah banyak dilakukan oleh muda-mudi dari negara-negara di benua Eropa, Amerika, dan Australia. Au pair sesungguhnya merupakan peluang besar bagi mereka yang ingin bisa travelling ke belahan dunia lain dan benar-benar merasakan kehidupan orang-orang di negara setempat. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga tidak sebanyak…

GRATIS: Mengejar Mimpi di Swedia – Pengalamanku

    Dari dulu aku selalu bermimpi untuk bisa menjelajahi benua biru. Entah kenapa, apakah karena aku kebanyakan  menonton film Harry Potter? Atau aku hanya ingin melihat salju? Dari kecil aku ingin mencoba menjelajahi jalanan berbatu di Eropa, merasakan hembusan hawa dingin, dan melihat asap keluar dari mulutku. Aku tidak berasal dari keluarga kaya raya, tapi aku percaya,…

Model United Nations: Sebuah Perjalanan

Halo semuanya 🙂 Sebelumnya, terimakasih sudah mampir ke sini. Kali ini, aku mau berbagi pengalaman pribadiku dalam mengikuti MUN (Model United Nations), lebih tepatnya lagi Harvard World MUN. Awalnya, Dari semenjak SMA aku sudah punya mimpi untuk bisa datang ke benua biru. Perlu dicatat, aku bukan berasal dari keluarga yang kaya raya, jadi aku gak…

Bahasa Jerman yang bikin deg-degan!

Bahasa merupakan salah satu topik yang paling aku sukai. Kali ini, bahasa yang ingin kupelajari adalah bahasa Jerman. Tadinya, aku tidak terlalu memprioritaskan belajar bahasa Jerman, akan tetapi ketika aku melihat beberapa teman mempelajarinya, akupun ikut semangat juga. Kenapa belajar bahasa Jerman? Jerman merupakan salah satu negara di Eropa yang memberikan banyak kesempatan untuk para…

Kapan Pulang? – Cerita Anak Rantau

Pernah ngga sih, ketika kalian merantau jauh dari rumah dan ada aja yang berkali-kali menanyakan hal yang sama, “Kapan pulang?” Pertanyaan ini tentunya sangat umum ditanyakan. Awalnya sih biasa saja, namun lama kelamaan lelah juga menjawab pertanyaan yang sama, dari orang-orang yang sama. Aku sendiri adalah seorang anak tunggal yang mempunyai orang tua tunggal, karena…

Tentang Menjadi Imigran dan Belajar Mengampuni

Beberapa kali ada beberapa teman atau kerabat yang pernah memberikan komentar melalui media sosial. Intinya, mereka melihat hidup di luar negeri ini enak sekali. Tidak bisa dipungkiri, memang hidup di negara maju itu memang menyenangkan. Tetapi, hidup jauh dari rumah di negara yang sangat berbeda dengan negara asal juga merupakan pengalaman yang menantang dan terkadang…

Denmark: Ketika Mood-mu Dipengaruhi Cuaca

Mungkin bagi kebanyakan orang yang sedang atau pernah tinggal di Denmark, bukan rahasia lagi kalau Denmark itu… Becek! Oke, jalan-jalan di Denmark memang rapi dan saluran pengairannya baik sehingga tidak ada banjir. Akan tetapi, negara yang satu ini sering sekali dilanda hujan sehingga seringkali banyak genangan air di sepanjang jalan. Alias, becek. Hal ini mungkin…

Cerita Au Pair: Tahun Lalu, Saat ini – Kebaikan di Masa Mendatang

Menarik nggak sih kalau kalian bertanya kepada diri sendiri, “Apa yang saya lakukan ya tahun lalu di waktu yang sama?” Pertanyaan ini terbersit ketika aku dan teman-temanku menyusuri daerah pertokoan yang sibuk di Copenhagen. Cuaca Denmark masih sering tak menentu. Kandang hujan dan tak lama kemudian matahari bersinar lagi. Banyak sekali yang sudah terjadi dalam…

Layangan Putus: Poligami – Kehendak Ilahi atau Nafsu Jasmani?

Belakangan ini marak berita tentang Layangan Putus. Apa sebenarnya Layangan Putus ini? Singkatnya sih, ada seorang wanita yang bercerita di media sosial tentang suaminya yang menghilang. Akan tetapi banyak kejanggalan dari kejadian tersebut. Mulai dari si suami yang tidak bisa dihubungi hingga paspor suami yang menghilang dari rumah. Awalnya si isteri berpikiran bahwa suaminya malah…

Pasangan Pria Asing? Jangan Sampai Salah!

Dari kecil, aku selalu punya mimpi untuk punya pasangan orang asing. Ketika masih usia belia, aku bisa disebut bule hunter. Yah maklum, masa kecilku banyak dihiasi dengan buku dan film karya pengarang kesukaanku, J. K. Rowling yaitu Harry Potter. Seandainya aku pecinta film Korea, mungkin aku akan menjadi Korean lover 😅🤪 Ketika sudah dianugrahi pasangan…

Volunteering in A Labour Organization in Denmark

Time flies and suddenly it’s October again! Last year, I was struggling with my previous host family so my October was dark, tiring, and sad 😦 Thankfully, this year I have a chance to restart my au pair story. I have found a good host and been here for almost 8 months. Time flies faster…

I Come from a Third World Country and I am Grateful

I come from one of the biggest islands countries, Indonesia. Well, some people mistakenly think that it is India. Others probably have only knowledge of Bali. The island is indeed more popular than the whole country. Indonesia is known to its citizen as a country that is rich with natural resources. Oil, gas, coal, etc….

Cerita Dua Musim di Kopenhagen

Tidak terasa, sudah dua musim saja kulalui lagi di Eropa, tepatnya di Kopenhagen. Tahun lalu musim panasnya cukup menantang karena matahari bersinar sangat terik dan jarang sekali hujan. Terkadang, kepalaku menjadi pusing setelah berjalan di bawah teriknya matahari. Musim panas tahun ini lebih menantang, karena cuacanya tidak jelas. Pernah satu hari hujan dan panas datang…